Tips Singkat Mengatasi Burung Macet Bunyi

Tips Singkat Mengatasi Burung Macet Bunyi – Anda hobi burung kicau ? dan anda pusing, saat ini burung kicau anda tidak mau berkicau waluapun sudah di perdengarkan suara burung kicau mp3. Tenang saja, pada kesempatan kali ini kita akan mengulas apa penyebab dan tips singkat mengatasi burung kicau yang tidak mau berkicau.

Memiliki hobi adalah salah satu kenikmatan hidup yang pasti dimiliki oleh seseorang, dan pasti ketika anda memiliki hobi akan muncul masalah masalah dari hobi kita tersebut, dan tak terkecuali pada hobi burung kicau.

Untuk itu mari kita kenali beberapa masalah yang menyebabkan burung kicau bisa macet bunyi atau burung peliharaan kita tidak mau bersuara.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Burung Macet Bunyi

Berikut ini beberapa penyebab yang sering muncul saat burung kicau kita tidak mau bersuara.

1. Sedang Mabung

Mabung adalah proses pergantian bulu pada burung kicau, situasi semacam ini pasti dialami oleh semua burung kicau.

Pada saat mabung memang burung kicau tidak akan bersuara atau berkicau. Dan perlu sobat ketahui bahwasannya kalau burung sedang mabung itu tandanya burung itu bertambah usianya.

Sama seperti ular, ular akan berganti kulit jika sudah mencapai usia usia tertentu.

Adapun cara mengatasinya adalah dengan membiarkan saja burung kicau yang sedang mabung tersebut lalu tunggu sampai proses mabungnya selesai, pasti burung itu akan kembali berkicau.

2. Burung Sedang Birahi

Nah, penyebab kedua yang menyebabkan burung kicau tidak mau mengeluarkan suara merdunya adalah karena sedang birahi.

Birahi sendiri merupakan proses alami yang semua makhluk hidup mengalaminya, dan pada burung kicau atau jenis burung lainnya pun sama.

Ketika birahi burung memuncak maka tubuhnya akan terasa panas, dan pada saat saat seperti inilah burung tak bisa mengeluarkan suaranya.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Cara mengatasinya adalah dengan meredakan puncak birahi burung, yakni dengan mencampurkan antara jantan dan betina dalam satu kandang/kurungan.

Lalu bagaiman jika tidak memiliki betina ?

Sebagai alternatif adalah dengan memperdengarkan audio suara burung kicau betina yang sedang birahi, sobat bisa download audionya di internet.

3. Burung Sedang Sakit

Pada situasi ini memang sering sekali burung kicau akan berhenti berkicau dan cenderung diam.

Sakitnya burung kicau itu bisa disebabkan oleh banyak sekali faktor, antara lain bisa karena virus, perpindahan musim [pancaroba], kandang yang jarang dibersihkan serta masih banyak faktor lainnya.

Cara mengatasinya adalah dengan memberikan obat, multivitamin dan ekstra fooding serta perawatan burung yang lebih terjaga lagi. Karena burung yang ada dalam sangkar memang rentan sekali terkena berbagai macam penyakit.

4. Burung Stress

Penyebab yang berikutnya yang membuat burung macet bunyi adalah karena stress.

Biasanya burung stress ini ditandai dengan ciri burung akan gelabakan ketika didekati.

Biasanya burung stress karena masih baru kita dapat dari alam lalu kita pelihara.

Dan untuk burung yang sudah jinak biasanya jarang sekali stress, tapi juga tidak menutup kemungkinan bisa terkena stress juga.

Adapun cara mengatasinya adalah dengan memberikan perhatian lebih, seperti mengkrodong burung [untuk burung yang sudah jinak].

Dan untuk burung yang baru kita dapat dari alam lalu kita pelihara, maka caranya adalah meletakkan burung tersebut di dekat keramaian atau tempat yang sering dilalui/dilewati orang-orang.

Contohnya seperti di teras rumah, di dapur atau diruang tamu. Tujauannya adalah untuk melatih mental burung jika bertemu atau didekati manusia.

Dan jika kita meletakkan di tempat yang jarang di lewati manusia, maka selamanya burung akan takut dan mudah stress serta tak mau untuk berkicau ketika melihat manusia.

Nah, itu tadi beberapa penyebab serta tips singkat cara mengatasi burung macet bunyi.

Semoga bermanfaat.