Pentingnya Mencangkok Agar Pohon Cepat Berbuah

Dalam dunia pertanian, hal yang sudah sangat sering kita dengarkan yaitu mencangkok. Nah apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara mencakok yang benar..? Apakah hasil cangkok yang anda praktekkan sudah berhasil…? mungkin anda perlu membaca lebih lanjut mengenai cara mencangkok yang baik dan benar di artikel sebelumnya yaitu disini. Pentingnya mencakok dalam tumbuhan, sejatinya dan tujuan utamanya untuk menghemat waktu dan juga menjaga agar buah yang dihasilkan dapat segera dinikmati dan juga agar buahnya tidak berubah.

Hasil Cangkok Jambu
Hasil Cangkok Jambu

Penerapan pencakokan ini sering kita temui pada pohon jambu, pohon durian, alpukat dan masih banyak yang lainnya. Tentukan pohon yang ingin anda cangkok dan buat sebuah tempat yang kriterianya sama dengan pohon yang akan kita jadikan inang. Pemilihan pohon yang sama jenisnya ini sangat penting, karena untuk menjaga kelangsungan hidup dari batang tersebut haruslah sama dan sejenis. Jika tidak sejenis maka saya pastikan pertumbuhan tidak akan semaksimal yang di inginkan.

MIsalnya pada pohon kakao atau pohon cokelat (lampung), dengan sistem cangkok ini dapat menghasilkan buah yang berkualitas, baik dari pohonnya dan buahnya sangat lebat sekali. Sudah banyak contoh yang di praktekkan oleh petani di lampung timur khususnya. Sampai saat ini sistem seperti ini masih selalu unggul dari pada, sistem yang digunakan seperti tanam dari biji, sering terjadi jika menggunakan biji, buah yang di hasilkan kurang bagus dan kadang malah tidak berbuah sama sekali.

Pentingnya Tanam Cangkok Pada Pertanian

Di Indonesia sendiri sistem tanam cangkok ini sangat populer, dan budidaya tanaman cangkok menjadi tren yang sangat bagus. Perkebunan di Indonesia sendiri sangat baik belakangan ini, setelah tumbuhnya banyak petani muda yang mempunyai bakat dalam hal tersebut. Maka dari itu kita sebagai petani muda harus giat dalam melestarikan yang ada di daerah kita.

Menjaga dan melestarikan alam sekitar menjadi tanggung jawab kita, mengingat saat ini global worming sudah stadium menengah, jadi siapa lagi yang akan menjaga hutan kita kalau bukan kita masyarakat pribumi. Eksplorasi yang berlebihan membuat hilangnya tanaman yang ada di hutan.

Padahal jika kita lihat penebangan hutang yang “sembrono” akan berdampak burung bagi lingkungan, Maka dari itu sistem cangkok hadir untuk menguatkan penghijauan yang ada di hutan kita. Banyak sekali pohon yang bisa kita tanam dengan cara mencangkok ini.

Hasil Yang Di Dapat Dari Mencangkok Tanaman

Jika berhasil dalam proses mencangkok, maka dapat kita lihat hasilnya pasti bagus. Tumbuhan akan cepat tumbuh dan cepat berbuah, namun perlu di ingat kembali dalam pemilihan pohon yang sejenis, seperti yang saya ungkapkan di atas. Keberhasilan ini dapat kita rasakan setelah pohon sudah dewasa dan siap menghasilkan buah.

Kesimpulan

Jika kita ingin bertani, maka bertanilah dengan ilmu yang mumpuni alias memahami dan mengerti tentang tumbuhan. Mempunyai niat saja tidak cukup untuk menjadi petani sukses, perlu adanya kerja keras yang luar biasa. Kesuksesan tidak di ukur dari berapa materi yang kita peroleh, namun kesuksesan akan dapat dilihat dari proses yang di lakukan.

Semakin tinggi dalam prosesnya, maka resiko dan juga keberhasilan akan besar pula. Baiklah para pembaca yang budiman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta tambahan ilmu yang bermanfaat seputar pertanian. Jaga alam kita dengan bertani, karena Indonesia merupakan jantung dan paru-paru dunia, selamat bekerja dan semoga sukses.