8 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jum’at

Surat al-kahfi merupakan salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan. Surat al-kahfi tergolong surat makkiyah, menempati urutan surat ke-18 dalam al-qur’an, yang berjumlah 110 ayat.

Surat al-kahfi disebut juga Ashabul kahfi yang artinya penghuni-penghuni goa. Dinamakan ashabul kahfi sebab di ayat 9 sampai 26 surat ini menceritakan tentang tujuh pemuda yang tinggal didalam goa selama bertahun-tahun.

Selain cerita tujuh pemuda yang tinggal didalam goa selama bertahun-tahun ini. Didalam surat al-kahfi juga banyak penjelasan-penjelasan tentang pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Dengan membaca surat al-kahfi dapat memberikan banyak manfaat bagi orang yang membacanya dengan benar. Namun sangat penting ketika membaca surat al-kahfi tetap diniati karena Allah SWT semata. (sumber : quranlite.net)

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca surat al-kahfi khususnya pada hari jum’at merupakan sunnah dari Rosulallah SAW yang memiliki banyak keutamaan. Dan menghafalkan surat al-kahfi 1 sampai 10 lalu menjadikannya sebagai amalan andalan yang dibaca setiap hari jum’at, maka akan sangat bermanfaat bagi orang tersebut.

Dibawah ini merupakan beberapa keutamaan atau manfaat bagi orang yang mau membaca surat al-kahfi:

1. Wajahnya akan bercahaya

Sebab orang yang mau menghafalkan al-qur’an termasuk surat al-kahfi dan mau memahami ma’nanya dengan niat karena Allah SWT maka kelak diakhirat wajahnya akan bercahaya.

2. Terjaga dari fitnah dajjal

Orang yang menghafalkan lalu mengamalkan surat al-kahfi ayat 1 sampai 10, maka akan terlindungi dari fitnah dajjal yang membawa kejalan yang sesat (neraka).

3. Mendapatkan banyak pahala

Seseorang yang membaca al-qur’an (sepuluh ayat surat al-kahfi) maka akan mendapatkan pahala yang dilipat gandakan oleh Allah.

4. Akan diberi syafa’at pada hari kiamat

Setiap orang yang membaca al-qur’an atau menghafalkan nya maka akan diberi syafaat oleh allah. Dan termasuk surat al-kahfi ayat 1 sampai 10 ini.

5. Melaksanakan sunnah Nabi Muhammad SAW

Melaksanakan sunah nabi akan mendapatkan kebaikan didunia maupun diakhirat. Membaca atau menghafal surat al-kahfi ini merupakan sunah dari nabi yang banyak manfaatnya serta dapat membawa seseorang dalam kemudahan.

6. Jauh dari siksa hari kiamat

Sebab hari kiamat akan terjadi apabila sudah tidak ada orang yang mau membaca al-qur’an. Dan jika saat ini masih banyak orang yang melantunkan ayat suci al-qur’an termasuk surat al-kahfi maka akan jauh dari siksa hari kiamat.

7. Derajatnya akan ditinggikan

Orang yangmembaca al-qur’an atau mau menghafalkannya maka derajatnya akan ditinggikan oleh Allah SWT.

8. Menjadi orang yang didahulukan dihari akhir

Orang yang memiliki derajat tinggi termasuk orang yang mau mengamalkan surat al-kahfi maka ketika diakhirot akan menjadi orang didahulukan.

Isi Kandungan Surat Al-Kahfi Ayat 1 – 10

1. Surat Al-kahfi memiliki arti “Segala puji bagi Allah SWT yang telah menurunkan kitab (Al-qur’an) dan Allah SWT tidak menjadikan al-qur’an bengkok didalamnya”.

2 dan 3. Surat Al-kahfi berisi bahwa “Allah menjadikan al-qur’an yang lurus tidak ada pertentangan didalamnya. Al-qur’an dijadikan sebagai peringatan bagi orang-orang kafir yang berisi siksaan yang pedih untuk mereka.

Dan al-qur’an menjadi kabar gembira bagi orang-orang iman yang beramal baik yaitu berupa surga. Dan mereka kekal didalam surga untuk selama-lamanya.

4. Berisi tentang peringatan untuk orang-orang musyrik yang mengatakan “Bahwa Allah SWT mengambil seorang anak”.

5. Menjelaskan bahwa orang-orang musyrik itu tidak memiliki pengetahuan apapun mengenai ucapan yang mereka katakan kepada Allah (bahwa Allah mengambil seorang anak). Betapa jeleknya ucapan yang keluar dari mulut orang musyrik, dan semua ucapan yang mereka katakan itu semua adalah ucapan dusta.

6. Berisi peringatan untuk Rosulallah SAW yang bunyinya “maka janganlah engkau (Nabi Muhammad) membinasakan dirimu, karena menanggung perbuatan buruk mereka (orang musyrik) yang tidak mau beriman pada kitaballah (al-qur’an).

7. Menjelaskan bahwa allah menjadikan semua yang ada dibumi ini tujuannya untuk menguji manusia. Siapakah diantara mereka yang memiliki perbuatan baik.

8. Menjelaskan bahwa semua yang ada dibumi akan hilang atau musnah dan hanya akan tertinggal tanah yang tandus.

9. Berisi bahwa “Engkau (nabi muhammad) jangan mengira bahwa kisah ashabul kahfi itu yang paling menakjubkan. Sebab ada yang lebih menakjubkan lagi diantara kekuasaan-Ku yang menherankan.

10. Menceritakan tentang ashabul kahfi yang tinggal didalam goa karena menghindari fitnah dari kaum mereka dan menghindari untuk menyembah berhala.

Di dalam goa mereka berdo’a yang isinya “Wahai Tuhan kami berilah kami rahmat-Mu, dan berilah kami kemudahan untuk menuju jalan yang benar sehingga kami menjadi orang yang lurus dan bukan orang sesat.