Keutamaan Dari Membaca Al Quran Berdasarkan Dalil

Keutamaan Dari Membaca Al Quran – Apa saja hikmah membaca bacaan al quran itu dalam syariat islam ?, dan bagaimana cara untuk memberikan motivasi diri untuk membaca al quran ?. Nah pada kesempatan kali ini palkids akan mencoba membahas tentang keutamaan dan hal hal yang akan sobat dapatkan ketika membaca Al Quran.

Telah banyak disebutkan dalam hadits tentang keutamaan membaca al-quran di rumah, dan tempat tempat lainnya yang diperbolehkan dalam islam.

Keutamaan membaca al quran beserta dalilnya pun sudah sangat jelas akan kesohihannya dan pasti kita sudah tidak asing lagi dengan hadits hadits tersebut.

Terlebih lagi jika kita membacanya pada bulan Ramadhan, dimana keutamaan membaca al quran dan mengkhatamkannya pada bulan tersebut akan mendatangkan pahala yang berkali kali lipat dibandingkan bulan bulan lainnya.

Agar pemahaman sobat semua lebih lengkap lagi silahkan baca buku tentang kumpulan hadits tentang keutamaan membaca al quran yang ada di toko toko buku terdekat, karena tidak bisa menguraikannya secara lengkap disini.

Disini kami akan menyajikan beberapa pokok pokok pembahasannya saja supaya sobat bisa termotivasi dan semangat untuk membaca bahkan menghafalkannya.

Beberapa Keutamaan Dari Membaca Al Quran

Dalam Al Quran surat Fatir ayat yang ke 29 sampai 30 dijelaskan bahwasannya membaca Al Quran adalah suatu perdagangan yang tiada pernah merugi bagi orang yang mengamalkannya.

Dan dalam tafsir Al Quran Al Azhim bahwasannya Qatadah R.A bernah menyampaikan bahwasannya Surat Fatir ayat ke 29-30 ini adalah ayat untuk orang orang yang gemar membaca Al Quran (silahkan lihat Tafsir Al Quran Al Azhim).

Dan hal itu dipertegas lagi oleh pernyataan dari Asy Syukani R.A dalam tafsir Fath Al Qadir, yang mana pernyataan dari Beliau adalah membaca Al Quran dan menjadikannya sebuah kebiasaan atau rutinitas harian bagi orang tersebut.

1. Pahala Membaca Al Quran

Kemudian keutamaan lainnya adalah yakni mendapatkan pahalan 1 kebaikan dan sampai bisa dilipat gandakan sampai 10 kali lipat kebaikan.

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yang dishahihkan dalam kitab Shahih Al Jami’, nomor 6469. Silahkan sobat lihat pada kitab tersebut untuk kelengkapan isi dalilnya. Dan secara umum dalam hadits tersebut dijelaskan bahwasannya membaca Al Quran pada setiap hurufnya akan diganjar satu kebaikan sampai dengan 10 kebaikan.

Dan Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wa Sallam mengatakan bahwasannya “Alif Lam Mim” itu satu huruf, melainkan terpisah sendiri sendiri, yakni Alif satu huruf, lam satu huruf dan Mim satu huruf.

Dan hadits diatas sudah sangat masyur atau terkenal dikalangan umat muslim secara umum.

2. Menghapus Kesalahan

Hal ini didasarkan berdasarkan bunyi dari ayat Al Quran Surat Hud ayat 114, dimana dalam ayat tersebut Allah Ta’ala menyampaikan ” Sungguh perbuatan-perbuatan yang baik itu akan menhapuskan kesalahan dari perbuatan yang buruk”.(Q.S Hud ayat 114).

Sudah sangat jelas makna dari ayat tersebut, sehingga tidak ada lagi alasan untuk diri kita untuk tidak membaca Al Quran, walupun hanya sedikit.

Karena amalan yang sedikit namun rutin dikerjakan adalah lebih afdhol dan disukai oleh Allah Ta’ala dari pada amalan besar yang jarang dilakukan.

3. Medapatkan Pahala Seperti Sholat Sepanjang Malam

Ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad serta di shahihkan dalam kitab yang bernama Shahih Al Jami’ nomor 6468. Silahkan sobat lihat pada kitab tersebut untuk kelengkapan lafadz Hadits.

Secara umum, dalam hadits tersebut di ungkapkan bahwasannya siapa yang membaca Al Quran sebanyak 100 ayat pada suatu malam, maka ia akan mendapatkan pahala seperti shalat sepanjang malam hari.

4. Bertambah Pahala Ketika Membaca Ayat Al Quran Dalam Sholat

Hadits yang menjelaskannya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim.

Dalam hadits tersebut disebutkan bahwasannya Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda : “Apakah mau jika salah seorang dinatara kalian kembali ke rumahnya dan dia mendapati di dalam rumahnya ada tiga ekor unta yang hamil, gemuk dan besar?” Kami (para shahabat) lalu menjawab: “Iya”, lalu Rasulullah S.A.W bersabda: “Salah seorang diantara kalian membaca tiga ayat Al Quran di dalam shalatnya itu lebih baik bagi dirinya dibandungkan dengan mendapatkan 3 unta yang hamil, gemuk serta besar.” (Hadits Riwayat Muslim).

5. Mendatangkan Syafaat Di Hari Pembalasan Kelak

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan hadits ini sudah sangat terkenal di kalangan umat islam secara umum.

Dimana dalam hadits tersebut di sebutkan bahwasannya Abu Ummah Al Bahily R.A pernah berkata bawsannya Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda untuk membaca Al Quran dan pada hari kiamat kelak Al Quran itu akan datang dan memberikan syafaat untuk orang orang yang membacanya.

6. Merupakan Salah Satu Ibadah Yang Paling Agung

Membaca Al Quran merupakan salah satu bentuk obadah yang agung disisi Allah Ta’ala.

Dan barang siapa yang membaca Al Quran dan mengikuti apa yang ada didalamnya akan mendapatkan jaminan keselamatan baik didunia maupun di akhirat.

Karena islam ini berdiri diatas dua rukun, yakni rukum iman dan rukun islam.

Yang mana dalam rukun tersebut mengandung perintah untuk mengimani Al Quran dan dalam banyak hadits juga disebutkan bahwasannya orang yang mengikuti Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam akan selamat didunia dan akhirat.

Selain dari keenam point diatas, masih banyak lagi keutamaan keutamaan lainnya yang tidak bisa kami uraikan satu persatu dalam tulisan ini.

Dan semoga beberapa point diatas yang lengkap dengan dalilnya bisa memberikan motivasi untuk sobat semuanya agar terus membaca Al Quran dan menjadikannya kebiasaan serta menjadikannya pedoman hidup sehari hari.

Sampai disini dulu perjumpaan kali ini semoga bisa bermanfaat.