5 Jenis Durian Paling Enak Dan Paling Mahal

Palkids.org – Durian merupakan salah satu buah paling diminati di Indonesia, Pada musimnya tiba durian akan menjadi buruan para penikmat buah ini. Ada banyak jenis buah durian di negara kita ini. Selain banyak jenisnya rasanya juga sangat beragam, selain dapat dimakan secara langsung (matang). Durian juga dapat diolah menjadi banyak sekali jenis makanan ringan, contohnya kripik durian dll. Selain makanan ringan, juga dapat dibuat menjadi minuman seperti Es krim durian, kolak durian dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tahukan kalian ada beberapa jenis durian paling enak dan paling mahal, setiap musimnya tiba banyak sekali yang mencari buah ini. Ada buanyak sekali jenis buah durian yang dapat dimakan, namun untuk rasa ada sebagian yang enak dan ada yang tidak enak. Disini admin sudah menyiapkan rangkuman beberapa buah durian yang sangat populer saat ini, yuk simak sampai habis ya…

Buah Durian Montong Terenak Sedunia
Buah Durian Montong Terenak Sedunia

Jenis Durian Yang Paling Enak Dan Mahal

Durian Montong

Ngomongin tentang jenis durian terenak, durian montonglah yang menjadi primadona untuk semua orang. Jenis montong ini sangat mudah di dapatkan, karena memang banyak tumbuh subur dimana-mana. Untuk ciri khas dari montong sendiri yaitu, dilihat dari dagingnya sangat tebal, bijinya kecil dan untuk rasanya sangat manis sekali. Aroma sebelum dibuka saja sudah semerbak dimana-mana.

Ciri lainnya yaitu warnanya kuning langsat, namun ada sebagian jenis montong yang warnanya agak pucat. Akan tetapi rasanya tidak kalah dengan yang cerah. Banyak yang mengatakan, jika ada semburat putih di bagian pinggir kuning buah montong, Inilah montong yang sebenarnya, rasanya luar biasa enak dan sangat manis sekali. Dengan ciri ini montong tersebut biasanya dijual dengan harga yang sangat mahal. Dalam dunia perkebunan pernah mendapat rekor berat buah montong sampai 13 kilo, sungguh fantastis.

Durian Musang King

Tidak jauh beda dengan durian montong untuk masalah rasa dan aroma. Jenis musang ini di ambil dari asalnya yaitu Malaysia sedangkan montong berasal dati Thailand. Cukup mengesankan, seperti biasanya jika buah yang berasal dari thailand pasti memiliki nama yang tenar, seperti halnya buah pepaya thailand.

Daging yang sangat besar membuat musang king ini menjadi salah satu pilihan para pecinta buah durian. Tidak hanya besar saja, namun ketebalan buahnya juga sangat berfariasi, selain itu sangat lembut teksturnya. Untuk warnanya cukup kuning terang, pada saat dimakan buah ini rasanya sangat legit sekali. Jika kamu penikmat buah durian, pasti tidak akan cukup hanya makan satu, rasanya bikin pengen nambah terus dan terus.

Durian Petruk

Selain montong dan Musang king, ada satu jenis lagi yang sangat diminati oleh banyak orang yaitu durian petruk. Jenis durian ini diberi nama petruk karena memang tekstur pada buanya menyerupai hidung si petruk, mancung dan besar. Dan ternyata ada durian lokal yang tidak kalah dengan jenis durian dari luar negeri. Jenis petruk ini berasal dari daerah Jepara, untuk ciri khasnya bentuk dari dagingnya seperti telur terbalik dan pada ujungnya agak runcing.

Selain itu ciri khas yang dapat dilihat langsung yaitu warna kulitnya hijau agak kekuning-kuningan. Dari buahnya sendiri berwarna kuning, agak berserat dan lumayan lembek. Jika dimakan buah durian petruk ini memiliki rasa yang sangat manis, namun dibelakang manisnya ada rasa pahit sedikit yang membuat durian petruk menjadi salah satu incaran para pecinta buah durian.

Durian Bawor

Jenis yang satu ini berasal dari kota Banyumas Jawa Tengah, kota yang memiliki banyak tempat wisata ini ternyata menyimpan surga durian, yaotu durian Bawor. Ternyata masih ada lagi durian lokal yang rasanya sangat mantab dan enak sekali. Ketahanan jenis durian bawor ini sangat luar biasa, baik dimusim panas atau penghujan, buahnya bisa mencapai 12 kilo dan hampir rata-rata.

Jika kita lihat secara kasat mata, memang jenis bawor ini sangat mirip sekali dengan montong. Maka dari itu kenali durian yang kalian beli dari penjual, jangan-jangan buah yang kamu beli montong, ternyata diberikan jenis bawor ini. Namun kalian bisa membedakannya dengan merasakannya, jika montong memiliki rasa yang manis dari ujung sampai pangkal, namun bawor tidak demikian. Rasa dari buah durian bawor memang sangat manis sekali, namun ada sedikit pahitnya pada saat dimakan, mirip dengan durian petruk.

Durian Tembaga

Masalah rasa yang enak dan nikmat, ada satu lagi jenis durian lokal yang memang menjadi incaran pecinta buah durian jika pada saat musimnya tiba. Jika dilihat dan diteliti secara menyeluruh, jenis ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Ciri khas durian tembaga yaitu, warna buahnya seperti tembaga, kulitnya dibngkus dengan duri yang sangat tajam dan rapat.

Jenis Durian lokal yang satu ini sangat bersaing dengan jenis musang king. Pasalnya jika dilihat dengan kualitas hampir mirip sekali, dari mulai daging buahnya sangat tebal, bijinya kecil. Jadi kepuasan untuk menikmatinya sangat luar biasa, alih-alih kalian akan ketagihan jika mencoba memakan durian jenis tembaga ini.

Baca Juga : Aneka Buah Tanpa Mengenal Musim

Ringkasan

Jika kalian ingin membeli durian, pastikan dulu dalam kantong ada dana atau enggak, jangan-jangan malah gak bawa dompet, kan amsyong guys…. Jika dirasa sudah pas dengan kantong jangan langsung beli ya guys, karena kadang durian yang dipajang tidak sama dengan durian yang diberikan kepada kita.

Kalau penjualnya membolehkan merasakannya terlebih dahulu, ini baru mantab, incip sepuasnya sampai ada yang cocok. Baiklah tidak usah panjang lebar, sampai disini dulu perjumpaan kita yang membahas buah durian terenak dan termahal di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk di share. Sampai jumpa dan tetep semangat.