Cara Sambung Pucuk Mangga Agar Berhasil

Palkids.org – Pohon mangga yang ditanam dari biji dan dibiarkan hidup secara alami akan tumbuh besar dan berbuah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dengan kondisi lahan yang semakin sempit, terutama didaerah perkotaan, hal ini sudah tidak mungkin lagi dilakukan. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang yang menanam pohon mangga sambung pucuk atau stek.

Kebanyakan orang mendapatkan bibit mangga sabungan dari hasil beli, baik langsung ditempat penjualan bibit maupun orang yang menjual bibit keliling.

Pohon mangga sambung pucuk hasil beli biasanya sudah positif hidup apabila dirawat dengan baik. Namun akan lebih bersensasi apabila kita menanam mangga sambung pucuk hasil sendiri.

Sambung pucuk pohon mangga sebenarnya bukan hal yang sudah, namun bukan pula hal yang mudah. Perlu pengetahuan tetang sambung pucuk supaya berhasil.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan memberikan panduan sambung pucuk mangga agar berhasil sehingga kita bisa menanam mangga stek hasil sendiri. Untuk mempersingkat waktu, silahkan simak panduannya berikut ini.

Cara Sambung Pucuk Mangga Agar Berhasil

Cara Sambung Pucuk Mangga

Sebelum kita lanjut pada tata cara sambung pucuk pohon mangga, sebaiknya kita pelajari dulu apa yang dimaksud sambung pucuk, perisapak sambung pucuk dan proses penyambungan.

Pengertian Sambung Pucuk

Secara teknis, sambung pucuk adalah menyatukan dua tanaman yang masih dalam satu jenis namun berbeda kualitas untuk mendapatkan bibit tanaman yang unggul.

Dengan sambung pucuk diharapkan menghasilkan pohon yang tahan terhadap penyakit, cepat berbuah dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan sambung pucuk, sebaiknya pohon induk dipupuk terlebih dahulu agar kambium tanaman tersebut aktif. Biasanya ditandai dengan munculnya tunas baru secara alami. Jika sudah seperti itu maka pohon tersebut sudah siap untuk disambung pucuk.

Periapaan Awal Sambung Pucuk

Sebelum melakukan sambung pucuk, kita harus menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya. Berikut ini alat dan bahan yang harus disiapkan :

Alat :

  • Pisau atau Cutter yang tajam.
  • Tali raffia atau plastik okulasi (plastik es)
  • Plastik sungkup (plastik transparan)

Bahan :

  • Batang bawah yang sehat.
  • Entris atau Tunas dari pohon yang berkualitas. (sebaiknya daun entris yang akan digunakan dibuang terlebih dahulu satu minggu sebelum penggunaan).

Baca juga : Pentingnya Mencangkok Agar Pohon Cepat Berbuah

Langkah-langkah Sambung Pucuk Pohon Mangga

Sebelum melakukan sambung pucuk, sebaiknya sterilkan tangan terlebih dahulu dengan cara mencucinya. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Potong entris atau tunas dari pohon yang berkualits kurang lebih 10 cm. Lalu sayat pada bagian kanan dan kiri membentuk huruf V. Usahakan ukuran sayatan kanan-kiri tersebut sama. Panjang sayatan lebih kurang 2-3 cm. Agar kambium tidak rusak, usahakan lakukan sekali irisan dari atas hingga kebawah. Pastikan sayatan tersbut lurus, tidak bergelombang supaya dapa menyatu dengan sempurna.
  • Jika Proses petama sudah selesai, selanjutnya potong pokok batang bawah kurang lebih 10 cm, lalu belah bagian tengah. Panjang belahan usakan sama dengan panjang irisan tunas atas. Misal irisan tunas atas 2 cm maka belahan pokok bawah juga 2 cm. Pastikan belahan lurus dan tidak bergelombang supaya dapat menempel dengan rapat.
  • Tahap selanjutnya yaitu selipkan entris yang sudah diiris tadi ke pokok batang yang sudah dibelah. Lakukan proses ini dengan hati-hati dan jangan digesar-geser karena dapat menyebabkan kambium rusak. Jika dirasa sudah pas, ikat sambungan tersebut dengan raffia atau plastif okulasi dengan pas. Maksudnya jangan terlalu kencang dan jangan pula terlalu longgar. Ikatan yang telalu kencang atau kuat akan membuat tanaman tercekik, sedangkan ikatan yang terlalu longgar membuat kerapatan sambungan tidak sempurna sehingga air dapat masuk kedalam dan menjadikan sambungan busuk.
  • Jika ikatan sudah sempurna, balut batang atas dengan plastik, tidak perlu kuat-kuat hanya bertujuan untuk mengurangi penguapan. Langkah terakhir sungkup dengan plastik transparan dan tunggu lebih kurang 21 hari. Jika berhasil maka akan tumbuh tunas baru. Namun jangan kalian buka dulu, biarkan hingga sambungan menempel dengan kuat. Apabila ikatan sudah mengganggu tumbuh kembang batang, silahkan dibuka dengan hati-hati.

Demikianlah cara sambung pucuk pohon mangga agar berhasil dan cepat berbuah. Semoga sedikit tutorial ini dapat membantu teman-teman yang sedang mencobanya.