Cara Merawat Burung Kapas Tembak Supaya Gacor

Kapas tembak merupakan salah satu jenis burung kicau yang berada diindonesia. Siapah sih yang belum mengenal jenis burung ini, pasti semua para kicau mania sudah mengetahui burung burung kapas tembak ini. Kapas tembak adalah burung masteran yang sering dicari para kicau mania untuk melatih burung kicau lain. Kapas tembak memiliki suara tembakan yang rapat dan crecetannya yang sangat tajam, memang suaranya terdengar dominan ketikan dinyanyikan suara burung lain ketika dilombakan burung kicau.

Jenis burung ini adalah pemakan buah-buahan dan serangga. Sama seperti dengan burung cucak jenggot. Burung ini mudah sekali untuk dipelihara, karena burung ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dengan cepat. Sehingga para penggemar burung kicau ingin memiliki jenis burung kicau yang satu ini. Burung ini bisa diikut sertakan dalam sebuah perlombaan, karena burung ini memiliki mental yang sangat kuat dan tidak takut untuk menghadapi lawan burung kicau lainnya.

Para penggemar burung kicau pastinya ingin memiliki burung berkicau sambil membuka ekor. Memang tipe burung seperti itu terlihat lebih gagah dan aktif dalam berkicau. Apalagi jika hal tersebut ditunjukan pada saat dilombakan, maka burung kapas tembak anda akan memiliki ilai tambahan untuk burung tersebut.

Untuk melatih burung kapas tembak yang memiliki suara gacor dan bergaya dan membuaka ekor sebetulnya sangat mudah sekali, yaitu anda harus menjaga kondisi kesehatan kapas tembak dan juga harus dilatih dengan mempertemukan kapas tembak tersebut dengan kapas tembak yang sudah lebih mapan setidaknya seminggu satu kali.

Cara Merawat Burung Kapas Tembak

Dalam merawat burung kapas tembak sebenarnya tidak rumit yang seperti anda bayangkan, merawat jenis burung kapas tembak ini tidak jauh berbeda dengan merawat burung pemakan buah-buahan lainnya seperti cucak jenggot, cucak ijo dan trucukan. Nah untuk itu, bagi anda yang ingin memili burung kapas tembak dengan bersuara gacor, berikut dibwah ini kami memberikan tips cara merawat burung kapas tembak supaya gacor dan bisa anda praktekkan sendiri dirumah, mari kita simak bersama-sama agar anda bisa memahami dengan jelas.

1. Embunkan burung kapas tembak

Anda bisa melakukan proses pertama dengan mengembunkan kapas tembak sekitar pukul 05.00 agar burung tersebut bisa menghirup udara segar. Karena suasana dipagi hari merupakan waktu faforit burung-burung dialam liar untuk berkicau. Jadi, kami menyuruh anda dalam menjemur burung kapas tembak anda supaya meningkatkan mental dan terpancing untuk berkicau.

2. Mandikan burung kapas tembak

Selanjutnya anda bisa memandikan burung peliharaan anda sekitar pukul 07.00 dengan memnggunakan semprotan yang biasanya anda gunakan untuk memandikan burung. Hal ini bertujuan agar burung tersebut terhindah dari penyakit atau virus bakteri.

3. Anginkan-anginkan burung

Setelah selesai memandikan burung kapas tembak, selanjutnya anda angin-anginkan burung tersebut supaya bulu-bulu pada burung kering. Setelah bulu sudah kering, selanjutnya anda melakukan proses penjemuran pada burung dibawah sinar matahari kurang lebih satu jam. Pada saat dijemur berilah makanan berupa voer, bauh, dan minum.

Setelah selesai dijemur gantang burung kapas tembak ditempat yang teduh, usahakan gantang ditempat yang gemercik air agar burung merasa nyaman dan terpancing untuk berkicau.

4. Pemberian pakan pagi dan sore hari

Anda bisa memberikan pakan pada burung berupa 3 ekor jangkrik, ulat hongkong 3 ekor, dan kroto yang masih segar. Lakukan pemberian pakan ini semunggu dua kali pagi hari dan sore hari.

Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan kepada anda semuanya, semoga artikel ini dapat membantu anda semuanya.