Cara Menghafal Al Quran Untuk Pemula Agar Cepat Hafal

Cara Menghafal Al Quran Untuk Pemula – Bagi teman teman muslim yang ingin mendapatkan kebaikan dalam hidup dan setelah matinya, maka jalan terbaik adalah dengan mengamalkan segala sesuatu yang telah ada didalam Al Quran dan juga Hadits, karena sebaik baik petunjuk adalah kedua hal tersebut. Dan orang yang sampai bisa menghafal Al Quran maka kelak di hari pembalasan Al Quran akan datang kepada kita untuk memberi syafaatnya dengan seizin Allah Azza Wa Jalla.

Dan pada kali ini kami akan membagikan tips dan trik cara menghafal Al Quran untuk teman teman yang masih baru dalam hal ini, mungkin rasa malas dan jenuh akan di alami di minggu minggu pertama, namun kita harus bisa membangkitkan semangat diri sendiri untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat. Langsung saja, berikut ini beberapa cara menghafal Al Quran yang bisa teman teman terapkan.

Tips Dan Trik Cara Menghafal Al Quran Dengan Mudah

Simak dengan baik langkah langkah yang akan bagikan pada kali ini, dan cara menghafal Al Quran ini sudah terbukti ampuh untuk meningkatkan dan mempercepat proses menghafal untuk anak anak maupun orang dewasa. Mari kita mulai dengan mempraktikan hal hal berikut.

1. Niat Karena Allah

Kita niatkan hafalan kita untuk mendapatkan kecintaan Allah Ta’ala kepada kita, jangan pernah terbersit dalam hati untuk mendapat pujian dari makhluk Allah Ta’ala karena semua akan sia sia jika hal tersebut kita lakukan. Dan sesungguhnya Allah telah memudahkan Al Quran itu untuk dipelajari (QS. Al-Qamar: 17).

2. Bisa Membaca Al Quran

Ini adalah syarat mutlak bagi kita yang  ingin menghafal Al Quran, karena apabila kita tidak bisa membaca bagaimana kita mau menghafalkannya. Dan bila sudah bisa membaca maka sudah ada bekal utama kita untuk berusaha menghafal Al Quran.

3. Berwudhu Sebelum Menghafal

Sangat dianjurkan untuk kita yang ingin memegang dan membaca mushaf untuk mensucikan diri dari hadas dengan berwudhu. Karena Al Quran adalah kitab yang suci dan bagi pembacanya harus memiliki kesucian dari sisi hadas, dan orang yang memiliki wudhu akan disukai oleh para malaikat.

4. Pemilihan Mushaf Al Quran

Sangat dianjurkan untuk para penghafal Al Quran agar memilih satu mushaf dan jangan pernah ganti mushaf Al Quran tersebut, cara ini sangat efektif untuk memudahkan kita dalam proses menghafal. Dan mushaf yang sangat direkomendasikan adalah jenis Al Quran mushaf madinah yang mana ciri dari Al Quran ini adalah Sebagai berikut :

  • Memiliki warna kertas yang tidak menyilaukan mata, biasanya berwarna kuning.
  • Jumlah baris pada satu lembarnya nyaris sama di semua halaman Al Quran.
  • Huruf-huruf Al Quran di mushaf ini sangat mudah untuk dibaca.

5. Mulai Menghafal Al Quran

Pada tahapan ini kita bisa menggunakan beberapa tahapan penting dalam cara menghafal Al Quran, silahkan di perhatikan dengan baik tahapan tahapan berikut ini.

  • Tahapan Menghafal Quran Ke-1Untuk yang pertama kita wajib membaca terlebih dahulu per satu baris ayat sebanyak 20-25 kali dengan melihat dan memahami setiap tajwidnya.

 

  • Tahapan Menghafal Quran Ke-2Setelah kita mempraktikan tahapan ke-1 maka kita lanjutkan untuk tahapan ke-2 yakni mulai menghafal quran, silahkan teman teman mulai mengingat huruf demi huruf di baris yang telah dibaca sebanyak 20-25 pada  tahapan ke-1. Dan apabila sudah yakin, maka silahkan tutup mushaf Al Qurannya dan mulailah mengingat baris tersebut.

6. Memiliki Target Hafalan

Dalam proses menghafal Al Quran, kita harus memiliki target untuk hafalan setiap harinya. Dan rata rata hasil yang dicapai penghafal pemula itu bisa sampai setengah halaman atau kurang lebih 7-8 baris Al Quran mushaf madinah.

7. Mendengarkan Murottal Quran

Untuk membantu proses menghafal Al Quran, teman teman bisa memperdengarkan audio murottal Al Quran di surat yang ingin dihafalkan. Dan saat ini sangat mudah untuk mendapatkan audio murottal Al Quran, cukup mencari di internet dengan kata kunci “Download Al Quran Mp3” maka ribuan hasil akan muncul, tinggal teman teman pilih dan download disana.

8. Menyetorkan Hafalan

Bila kita sudah mendapatkan hafalan sebanyak satu halaman, maka kita bisa setoran hafalan kepada seseorang yang juga baik bacaanya guna memeriksa hafalan kita. Selain itu juga dengan menyetorkan hafalan akan membangun mental agar lebih melekat hafalan itu pada diri dan ingatan kita.

9. Murojaah Hafalan

Setiap hafalan yang sudah kita hafal harus kita buatkan jadwal untuk mengulang ulang hafalan tersebut, fungsinya agar hafalan kita tidak terlepas dari ingatan kita ketika kita mendapatkan hafalan baru. Untuk proses ini cukup sediakan waktu kurang lebih 1 jam saja pada setiap harinya. Atau teman teman juga bisa murojaah dengan proses ke-8 yakni menyetorkan hafalan kita kepada ustadz atau orang yang lebih fasih dalam urusan tajwid. Atau cara lainnya dengan mempergunakan hafalan kita ketika sedang sholat sholat sunnah, ini terbukti sangat ampuh untuk melekatkan hafalan tersebut.

10. Berpuasa Sunnah

Doa orang yang berpuasa sangatlah mustajab, oleh karena itu menghafal Al Quran akan terasa sangat mudah dan ringan ketika kita rajin berpuasa sunnah. Dan ini sangat dianjurkan untuk orang orang yang ingin menghafal Al Quran.

11. Libur Menghafal

Bosan pasti akan terasa ketika kita menghafal, untuk itu jadwalkan untuk libur selama saatu hari pada setiap minggunya agar otak kita bisa lebih fress dan menambah semangat dalam menghafal Al Quran.

12. Berikan Hadiah

Jika kita sebagai orang tua, dan yang menghafal adalah anak anak kita, maka dengan memberikan hadiah kepada mereka akan membangkitakan semangat mereka dalam menghafal.

13 Berdoa

Yang terakhir adalah berdoa, maka berdoalah untuk teman teman yang sedang menghafal Al Quran agar kita dipermudah dalam menghafal Al Quran dan dimudahkan untuk mengamalkannya.

Pelajari Juga : Cara Mengatur Nafas Saat Adzan

Baik teman teman semuanya, itu tadi tips dan trik cara menghafal Al Quran yang bisa teman teman terapkan dan praktikan. Semoga kita semua yang ingin menghafal Al Quran bisa dipermudah dan diberikan keselamatan dunia dan akhirat.