Cara Mengatur Nafas Saat Adzan Agar Bisa Panjang

Cara Mengatur Nafas Saat Adzan – Lantunan adzan yang merdu pasti disertai dengan irama serta nafas yang panjang, tanpa kedua hal tersebut maka adzan akan terdengar fals. Untuk itu bagi teman teman yang ingin melantunkan adzan dengan suara merdu dan panjang silahkan simak dengan baik tips dan trik cara mengatur nafas saat adzan berikut ini agar nafasnya bisa lebih panjang dan irama merdu dengan nada tinggi bisa teman teman kuasai.

Sebelum membahas cara mengatur nafas saat adzan, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu keutamaan muadzin/ orang yang mengumandangkan adzan. Seorang muadzin adalah orang yang sangat beruntuk, karena dulu Bilal Bin Rabbah merupkan muadzin dari Rasullullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam yang terompahnya/sandalnya sudah berada di surga terlebih dahulu.

Selain itu keutamaan adzan ada banyak sekali, diantaranya adalah setan akan lari sampai terkentut kentut apabila adzan sedang dikumandangkan [Hadits Riwyat Bukhari nomor 608 dan Muslim nomor 1267]. Serta pahala yang akan didapatkan dari seorang muadzin juga tertera dalam sebuah hadits yang artinya.

” Andaikan orang-orang itu tahu besarnya pahala yang akan mereka dapatkan dalam adzan serta dalam shaf yang pertama lalu mereka tidak mendapatinya melainkan dengan cara undian pastilah mereka rela untuk berundi ketika ingin mendapatkannya…” (Hadits Riwayat Bukhari nomor 615 dan Muslim nomor 980)

Sungguh sangat mulia seorang muadzin bila kita menengok pada hadits diatas sampai sampai harus mengadakan undian ketika kita ingin menjadi seorang muadzin. Dan untuk itu mari kita pelajari bagaimana cara mengatur nafas saat adzan agar adzan kita bisa merdu dan mendapat pahala sebanyak banyaknya. Berikut ini caranya.

Tips Cara Mengatur Nafas Saat Adzan Supaya Bisa Panjang

Sebelum mempraktikannya, teman teman harus dan wajib untuk meniatkan bahwasannya adzan yang anda kumandangkan ikhlas karena Allah Ta’ala semata dan jangan pernah mengharap pujian dari orang lain. Sama halnya ketika kita mempelajari cara memperindah bacaan Al Quran atau ketika kita mempelajari cara menghafal Al Quran, jangan terbersit niat ingin dipuji makhluk yang nantinya akan merusak pahala bahkan menghilangkan pahala yang dengan susah payah kita usahakan.

Baik, simak dengan baik tahapan tahapan cara megatur nafas saat adzan supaya bisa lebih panjang berikut ini.

1. Pilih Jenis Pernafasan

Ada dua jenis pernafasan, diantaranya :

  1. Pernafasan Dada
  2. Pernafasan Perut

Dan yang terbaik untuk memanjangkkan nafas dalam tema kita cara mengatur nafas saat adzan adalah pernafasan perut, ciri pernafasan perut adalah jika kita mengambil nafas maka perut akan mengembang, dan ciri dari pernafasan dada adalah bentuk dada yang akan mengembang. Maka pilihlah jenis pernafasan perut dan melatihnya setiap 15 menit dalam sehari.

Cara melatih pernafasan perut yakni dengan mengambil nafas melalui mulut dan mengeluarkannya secara perlahan sampai perut mengempis.

2. Mengatur Konsumsi Dan Makanan

Praktik terbaik adalah dengan melakukan puasa, namun jika belum mampu sebaiknya mengatur atau menjadwal pola makan dalam sehari. Hindari makan 2 jam sebelum kita adzan atau masuk waktu sholat [ini berlaku jika anda seorang muadzin] karena jika sebelum adzan perut kita penuh dengan makanan makan nafas kita akan sangat pendek.

3. Posisi Tubuh

Posisi tubuh yang baik dalam tips cara mengatur nafas saat adzan agar bisa panjang adalah dengan menegakkan badan serta kepala yang sedikit mendongak ketas supaya udara dari dalam perut bisa kita keluarkan dengan maksimal tanpa terganggu lekukan tubuh.

Hindari membungkukan badan serta menundukan kepala karena ini bisa menghambat udara yang keluar serta bisa memendekkan nafas kita.

4. Melatih Vocal Adzan

Cara ini bisa dengan mudah dipelajari, silahkan teman teman download adzan di internet dan pilih maqam/irama adzan yang diminati, lalu tirukanlah dengan mempraktikan pin ke 1,2 dan 3 agar bisa maksimal dalam teknik pernafasan nya. Dan ini adalah cara mudah untuk melatih jenis vocal kita sesuai dengan tingkat pernafasan yang sudah kita latih.

Untuk awal mula jangan mengambil jenis adzan yang panjangm, karena akan terasa sangat sulit dan kita akan kehabisan nafas saat di tengah. Untuk pemula di sarankan untuk mengambil nada adzan yang sedang, tidak terlalu panjang dan tidak pula terlalu pendek.

5. Latihan Yang Rutin

Hal ini sanagt wajib dilakukan ketika ingin mendapatkan pernafasan yang panjang, cukup dengan 15 menit sehari maka proses ini akan terasa ringan dan mudah. Namun harus diingat point poin ke 1,2,3 dan 4 diatas agar semuanya berjalan sempurna.

Sampai disini dulu perjumpaan kita pada tema cara mengatur nafas saat adzan, semoga bisa bermanfaat dan menambah kecitaan dan ketaatan kita terhadap perintah perintah Allah Dan Rasul-Nya. Semoga teman teman bisa dimudahkan dalam praktiknya.