Cara Menangkap Burung yang Lepas dari Sangkar

Apa yang kamu lakukan jika burung kesayangan lepas? Marah? Panik? atau menyalahkan orang lain?

Ketika burung kesayangan lepas, sebagian orang pasti akan panik dan berusaha keras untuk menangkapnya lagi.

Namun menangkap burung yang sudah lepas itu bukan hal yang mudah, kecuali burung kamu yang sudah benar-benar jinak.

Menangkap burung peliharaan yang lepas itu ada teknik tersendiri, beda burung maka beda pula cara menangkapnya.

Meski tak ada yang berharap burung peliharaannya lepas, namun kamu juga harus tahu bagaimana cara menangkap burung yang sudah lepas sebagai antisipasi ketika hal yang tak diinginkan terjadi.

Dibawah ini saya akan membagikan panduan menangkap burung yang lepas sesuai dengan jenis burungnya.

Cara Menangkap Burung yang Lepas dari Sangkar

  1. Burung Murai

Cara Menangkap Burung yang Lepas

Murai termasuk burung figter yang mudah terpancing emosinya. Artinya kita bisa memancing murai dengan burung murai lain yang sudah rajin berbunyi, lebih bagus lagi menggunakan murai betina yang gacor.

Gantang murai pancingan ditempat yang terlihat oleh murai yang lepas. Selanjutnya sandingkan sangkar burung murai yang lepas didekat sangkar murai pancingan.

Tabur jangkrik yang banyak didalam sangkar murai yang lepas dan pastikan pintu selalu terbuka, kamu bisa menyangga pintu dengan ranting kecil.

Jangan terburu-buru menangkap murai yang sudah mendekat sangkar, biarkan murai masuk sangkar sendiri. Memaksa menangkap murai yang sudah mendekat dapat membuatnya takut dan terbang jauh. Jadi bersabarlah..

Murai yang sudah jinak biasanya akan kembali kesangkar lebih kurang 15 menit. Setelah burung masuk sangkar, tutup pintunya dengan rapat.

  1. Burung Kacer

Menangkap Burung Kacer Lepas

Tipe burung kacer sama seprti burung murai, yaitu tipe fighter. Jadi cara untuk menangkap murai diatas, bisa juga diterap untuk menangkap burung kacer yang lepas.

Selain menggunakan cara tersebut, kamu juga bisa menangkapnya menggunakan pulut atau getah pohon. Getah pohon yang bisa digunakan yaitu getah dari pohon nangka, karet atau bendho.

Getah pohon nangka biasanya bisa langsung digunakan, sedangkan getah karet supaya lebih lengket bisa dengan cara dimasak bersama dengan oli bekas. Caranya campurkan getah karet dan oli bekas, lalu direbuts hingga mendidih.

Selanjutnya, oleskan getah yang sudah jadi tersebut pada ranting pohon yang kemungkinan akan dihinggapi kacer yang lepas. Gatung beberapa jangkrik disekitar ranting yang sudah diolesi getah dan pancing dengan suara kacer pikat yang bisa kalian download di situs citcuit.com. Jika kacer sudah terperangkap, segera ambil dan masukan kedalam kandang. Jangan sampai lepas lagi ya..hehe

  1. Menangkap Burung Kenari

Menangkap Burung Kenari

Menangkap kenari yang lepas dari kandang cukup mudah, sebab burung kenari biasanya tidak akan terbang tinggi, mungkin karena sudah terbiasa didalam sangkar.

Caranya yaitu dengan menyemprotkan air yang dicampur dengan shampoo ke tubuh kenari. Air samphoo akan menetralkan sifat bulu yang berminyak sehingga bulu akan kempal dan sulit untuk terbang. Dengan begitu burung akan lebih mudah untuk ditangkap.

Ketiga cara diatas sebenarnya bisa diaplikasikan kesemua jenis burung. Silahkan gunakan cara yang paling tepat dengan melihat kondisi burung yang lepas.

Jika sudah bisa di tangkap, sebaiknya kalian lebih berhati-hati supaya tidak lepas lagi. Pastikan kondisi sangkar tidak ada yang rusak dan buatlah burung kesayangan kalian menjadi jinak, sehingga saat lepas tidak akan kabur jauh dan mau kembali kesangkarnya sendiri.

Semoga penjelasan diatas dapat membantu teman-teman yang sedang mengalami burung kesayangannya lepas.