Tips dan Cara Membuat Jump Frog dari Bahan Kayu

Ada kabar gembira bagi para pemancing ikan toman dan gabus rawa. Kabar gembira yang akan kami berikan yaitu sebuah tips atau cara membuat jump frog dari kayu. Bagi orang yang tidak mempunyai hobi memancing, pasti belum pernah mendengar umpan jump frog.

Sebenarnya jump frog ialah jenis umpan tiruan atau lure yang di bentuk seperti katak melompat, sehingga dapat menarik perhatian ikan toman ketika melihat katak lompat di rawa-rawa atau danau sekitar permukiman warga.

Seperti yang di ketahui para mancing mania bahwa ikan toman memiliki perlawanan yang sangat kuat ketika menarik umpan. Jadi sebelum berangkat mancing anda harus menyiapkan umpan atau membuat umpan bernama jump frog.

Cara Membuat Jump Frog dari Kayu

Pertama kali jump frog di kenalkan oleh para mancing mania thailand, maka ada banyak sekali jenis jump frog di toka pancing yang bermerk made in Thailand. Meskipun jump frog thailand terlihat lebih bagus, tetapi masyarakat Indonesia sekarang telah berhasil membuat jump frog sendiri, baik itu untuk di jual maupun di pakai mancing sendiri.

Memang tidak semua orang mau membuat jump frog sendiri, karena akan lebih gampang membelinya di toko pancing. Namun disisi lain ada orang yang tidak puas dengan buatan orang lain, maka ia berinspirasi sendiri untuk membuat jump frog. Baiklah untuk mempersingkat waktu, langsung saja pelajari cara membuat jump frog berikut ini.

Bahan yang perlu anda siapkan:

  • Kayu yang memiliki tekstur empuk supaya lebih gampang membentuknya. Namun kalau targetnya ikan besar seperti toman, saya sarankan menggunakan kayu tekstur keras seperti kayu jati dan mahoni. Kayu mahoni sendiri memiliki massa yang berat, maka cocok untuk membuat lure untuk lemparan jauh.
  • Kawat stainlees yang tahan karat dan kuat.
  • Pemberat atau timbel sesuaikan dengan ukuran jump frog yang akan di buat.
  • hook atau mata kail ganda, kalau hanya single hook akan susah menancap pada mulut ikan, sedangkan trible hook pasti sering tersangkut pada tanaman air.
  • Skirt yang berfungsi untuk membuat ekor dan menarik perhatian ikan.

Cara Pembuatan Jump Frog :

membuat jump frog

  • Buatlah sketsa seperti gambar di atas
  • Menentukan ukuran jump frog yang akan di buat (pada umumnya jump frog berukuran panjang 3-6 cm)
  • Kemudian bentuklah kayu sesuai desain anda, dalam membentuk kayu harus simetris dan berhati-hati. kalau tidak simetris katak tersebut tidak bisa melompat dan hanya berguling-guling tidak karuan di dalam air.
  • Buatlah garis lurus pada tengah-tengah jump frog, lalu gergaji menggunakan gergaji besi sebagai tempat kawat dan serbuk kayu jangan di buang karena berfungsi untuk menutupnya kembali.
  • Setelah kawat terpasang, lalu tutuplah menggunakan serbuk kayu tadi memakai lem kayu.
  • Yang terakhir pasanglah pemberat di bawah jump frog atau seperti gambar di atas.

Semoga tips di atas bisa membantu para mancing mania lebih kreatif. Yang perlu anda ingat yaitu dengan membuat jump frog sendiri maka kalian akan mengetahui bagaimana kelemahan atau kelebihan yang anda buat sendiri. Terima kasih!