Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Palkids.org, Banyak sekali para kicau mania yang belum mengetahui cara membedakan jenis kelamin burung. Karena dalam membedakan jenis kelamin burung bukan suatu hal yang sulit. Untuk melengkapi artikel ini kami akan memberikan tips perbedaan burung cucak ijo dengan mudah secara fisiknya.

Burung cucak ijo nama bahasa ilmiahnya yang sering dikenal dengan nama Chloropsis Sonnerati, karena burung ini sudah perna menjadi legenda dalam satu dekade terakhir ini. Burung cucak ijo sering dikenal dengan sebutan murai daun, cica daun, dan burung daun. Postur tubuh pada burung cucak ijo memang terlihat gempal dan bulat dengan ukuran sekitar 22 cm dari ujung paruh sampai ujung ekornya.

Populasi burung cucak ijo bisa kita temui diwilayah perbukitan atau hutan dataran rendah dengan ketinggian dari 1000 meter diatas permukaan laut. Makanan faforit dari burung cucak ijo dialam liar adalah buah-buahan, jangkrik, sengangga kecil dan telur semut atau disebut dengan kroto.

Burung cucak ijo sering kali mengikuti sebuah acara perlombaan yang sering diadakan oleh para kicau mania. karena cucak ijo memiliki kepintaran yang bisa menirukan suara kicauan burung lainnya seperti, burung lovebird, kacer, dan kenari sehingga banyak para penggemar burung kicau yang mengincar jenis burung cucak ijo ini.

Cara Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Dalam membedakan jenis kelamin cucak ijo dewasa memang lebih mudah dari pada yang masih bakalan. Hal tersebut bisa kalian amati dengan postur tubuh dari kedua jenis burung cucak ijo tersebut. Untuk lebih detailnya dalam membedakan jenis kelamin burung cucak ijo, mari kita simak bersama-sama dibawah ini supaya lebih mudah memahaminya.

1.Lingkar Mata 

Dalam membedakan cucak ijo yang sudah memasuki usia dewasa memang jauh lebih mudah dari pada yang masih bakalan. Kalian bisa membedakan jenis kelamin cucak ijo dengan cara melihat pada bagian lingkar mata pada kedua burung cucak ijo tersebut.

Cucak ijo dewasa pada burung jantan akan terlihat lingkar mata dengan bulatan bewarna kuning yang jelas. Sedangkan cucak ijo betina pada bagian lingkar matanya mempunyai warna putih.

2. Pupil Mata

Perbadaan jenis kelamin cucak ijo juga bisa kita lihat pada bagian pupil mata. Pada bagian pupil mata cucak ijo jantan memiliki warna hitam yang pekat, sedangkan cucak ijo betina memiliki pupil mata bewarna hitam kecoklatan.

3. Paruh Bawah

Pada bagian paruh cari burung cucak ijo juga bisa dijadikan sebagai bedoman dalam membedakan kedua indukan cucak ijo. Untuk cucak ijo jantan pada bagian paruh akan terlihat warna coklat gelap, sedangkan untuk cucak ijo betina pada bagian bawah paruh memiliki warna putih bersih.

4. Tulang Supit

Bagian tulang supit pada burung cucak ijo juga bisa kita jadikan sebagai perbedaan janis kelamin pada kedua burung tersebut. Cucak ijo jantan memiliki tulang supit yang sangat keras,sedangkan tulang supit betina akan terasa lunak jika kita sentuh.

5. Bagian Leher

Cara membedakan jenis kelamin cucak ijo, kalian juga bisa lihat pada bagian lehernya. Cucak ijo jantan pada bagian leher memiliki warna hitam yang pekat, sedangkan cucak ijo betina pada bagian leher memiliki warna putih kehijauan.

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kami mengenai perbedaan jenis kelamin burung cucak ijo. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung disitus kami.