Aneka Jajanan Tradisional Indonesia yang Tak Akan Lekang oleh Waktu

Jajanan Tradisional – Pesona Indonesia patut kita banggakan baik kebudayan maupun ke indahan alamnya. Sewaktu saya masih kecil saya sering di ajak iba saya pergi ke pasar, dari situ saya banyak belajar akan beragamnya kebudayan ita ini, Indonesia. Banyaknya pedagang dan pembeli yang datang dengan suara-suara yang bising namun beratutan, menunjukan kesatuan  NKRI. Menurut saya, yang menarik dari pasar tradisional adalah banyaknya penjual jajanan tradisional yang beraneka ragam dan rasa dengan harga murah.

Sekarang kita hidup di jaman modern dan semua serba instan, pasara tradisonal pun mulai berkembang se iring majunya perkembangan jaman. Namun yang menrik iyalah jajanan tradisionalnya, hingga kini masih banyak yang suka dan menjadi salah satu jajanan tradisonal terlaris, meski mulai sulit dicari. Berikut ini saya sudah merangkum beberapa aneka jajanan pasar yang masih di gemari seperti kue basah ataupun kue kering.

Jajanan Tradisional Indonesia
Sumber by : Aneka Kue Basah

1.) Onde-onde

Si bulat yang di balut dengan biji wijen ini biasanya di goreng dengan isi kacang hijau yang nikmat. Onde-onde adalah jajanan pasar yang gurih dan biasanya sering di jual dengan harga yang murah, namun soal rasa jangan di tanya maknyus banget.

2.) Klepon

Klepon adalah salah satu jajanan pasar yang memiliki tekstur lembut ketika dimakan. Warna ijo yang bulat kecil ini, sangatlah menawan dengan paritan kelapa di luarnya. Klepon terbuat dari tepung beras ketan dengan isi gula merah di dalamnya serta balutan kelapa parut, membuat rasa klepon nikmat banget!

3.) Kue Putu

Mungki sudah banyak yang kenal akan rasa nikmat dari kue putu, kue yang biasanya di jual keliling ini memiliki ciri khas bunyi yang unik yaitu pluit. Ketika masih kecil, hanya mendengar suara pluat saja saya sudah senang dan segera untuk membelinya tanpa mengetahui dari mana yang jual akan datang. Kue putu hampir mirip dengan klepon yang bedanya ada di bahan utamanya yaitu kue putu terbuat dari tepung beras ketika di makan akan lebih lembut dan tidak kenyal.

4.) Kue Lapis

Selain memiliki warna yang menarik, kue lapis juga memiliki rasa yang enak dan lembut. Kue yang memiliki warna berlapis-lapis ini biasanya memiliki warna lebih dari 2 dimana setiap lapisannya lah yang menjadi ciri khas pada kue ini. Kue lapis memiliki tekstur lembut, ketika di makan akan menciptakan rasa nikmat dan agak dingin, mantepp deh rasanya.

5.) Cenil

Cenil masih saudara dari klepon dimana sama-sama terbuat dari tepung kanji dan biasanya disajikan dengan parutan kelapa. Jika klepon memiliki isi gula merah di dalamnya, cenil di sajikan dengan dilumuri gula merah cair serta di tambah dengan ketan hitam. Bicara soal rasa cenil masih juaranyalah.

Sebenarnya masih banyak jajanan tradisional Indonesia yang enak dan memiliki pengemar banyak, namun ke 5 kue asli Indonesia ini saja yang saya tulis. Meski sudah langka di temu di pasar tau di mana saja kue ini masih menjadi juara soal rasa. Di daerah anda kue mana yang masih banyak di jual dan menurut anda yang paling enak? Silahkan untuk membelinya kembali dan bernostalgia dengan ke 5 kue tradisional yang enak dan nikmat ini.